Minggu, 22 November 2009

ORANG-ORANG YANG MENDAPAT AMPUNAN DENGAN IBADAH RAMADHAN

ORANG-ORANG YANG MENDAPAT AMPUNAN DENGAN IBADAH RAMADHAN

TAUSIYAH JELANG BUKA PUASA RADIO CANGGAI PUTRI (RCP)
DISAMPAIKAN OLEH WAKIL BUPATI KARIMUN H. AUNUR RAFIQ, M.Si


Alhamdulillah alladzii kataba ‘alainasshiyaam, washiilatan littaqwaa watarbiyatan fil-‘amali walkalaami wannajwaa. asyhadu allaa ilaaha illallooh wa-asyhadu anna muhammadar-rosuulullooh. alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad. ammaa ba’du
Qoolalloohu ta’aala filqur’anil ‘adziim bismillaahirrohmaanirrohiim : “yaa ayyuhalladziina aamanuu kutiba ‘alaikumus-shiyaam, kamaa kutiba kutiba ‘alalladziina min qoblikum la’allakum tattaquun.
Asshooimiin wasshooimaat rohimakumullooh,
Bersyukur kita kepada alloh swt. dengan berkah hidayah dan ma’unahnya sampailah umur kita dibulan yang penuh rahmat dan maghfiroh ini dengan harapan semoga puasa kita di tahun ini jauh lebih berkuwalitas dari puasa tahun-tahun sebelumnya dan semoga pada akhirnya amalan yang kita kerjakan dibulan romadhon ini akan membentuk diri kita menjadi insan-insan yang muttaqin. sholawat beserta salam senatiasa kita aturkan kepada manusia panutan tauladan dalam segala aspek kehidupan yakni nabi muhammad saw. dengan ucapan “Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidina muhammad.
Para pendengar rcp dimanapun anda berada,
Sebelum meyampaikan tausiyah menjelang buka, atas nama pribadi dan keluarga maupun secara kedinasan saya h. aunur rofiq menyampaikan ucapan “selamat menjalankan ibadah puasa romadhon tahun 1430 h dan mohon maaf atas segala kekhilafan dan kesalahan semoga semua amalan kita diterima oleh allah swt. amin ya robbal ‘aalamiin.”
Asshooimiin wasshooimaat yang berbahagia,
Sebagai manusia yang mukallaf tanpa terkecuali kita semua pastilah punya salah dan dosa apakah dia orang yang miskin ataupun kaya, orang barat maupun arab sebagai rakyat maupun pejabat bahkan kiyai atau ‘ulama sekalipun pasti punya dosa. bukankah rosul telah bersabda “setiap manusai pasti berdosa, tapi sebaik-baik manusia yang berdosa adalah mereka yang mau bertaubat.”
Oleh karena itu mari kita jadikan romadhon ini menjadi momentum untuk menebus segala dosa yang ada pada setiap diri kita sehingga pada akhirnya di akhir romadhon tepatnya pada 1 syawal kita akan kemabali suci (‘idul fithri) seperti baru dilahirkan ibunda tercinta.
Kaum muslimin muslimat yang dimuliakan alloh swt.
Namun yang perlu kita pahami siapakah ummat islam yang akan mendapat ampunan dosa dari alloh swt dengan mengerjakan ibadah puasa romadhon ? jangan sampai salah pengertian ternyata bukan semua kaum muslim muslimat yang melaksanakan puasa di bulan romadhon ini akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya, melainkan hanya mereka yang apabila puasa romadhon dengan dasar karena iman dan ikhlas semata-mata karena allaoh swt.
Sebagaimana hadits rosululloh saw.
Man shooma romadoon iimaanan wahtisaaban gufiro lahu maa taqoddama min dzambih
Artinya : “orang-orang yang puasa romadhon dengan dasar karena imanserta ikhlas dan penuh kepercayaan akan pahalanya, maka alloh mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.
Asshooimiin wasshooimaat rohimakumulloh,
Bagi orang-orang yang puasa di bulan romadhon ini bukan hanya sekedar akan mendapat ampunan dari alloh swt. namun akan mendapatkan penghargaan yang jauh lebih mulia, apalagi kalau mereka puasa tidak sekedar menahan lapar dan dahaga akan tetapi apa hikmah yang terkandung dalam ibadah puasa mereka realisasikan dalam kehidupannya. maka tiada lain balasannya adalah sorga.
Rosululloh saw. bersabda,
Al-jannatu mustaaqotun ilaa arba’ati nafarin : taalil-qur’aan, wahaafizhil lisaan, wa mutho’imi lil-jii’aan, wasshooimiina fii syahri romadhoon.
Artinya : Surga merindukan empat golongan yaitu : pembaca qur’an, pemelihara lidah, pemberi makan kepada orang-orang lapar, dan yang puasa pada bulan romadhon.
Kaum muslimin muslimat yang berbahagai,
Kalau kita sudah bicarakan bagaimana fadhilah atau keutamaan romadhon, ada satu hal yang amat penting yang harus kita pelihara sewaktu mengerjakan puasa yaitu jangan sampai puasa kita sia-sia hanya berakhir dengan imbalan lapar dan dahaga saja. rosul bersabda,
Kam min shooimin laisa lahu minshiyamihi illal-ju’i wal-athos
Artinya : “berapa banyak orang yang puasa namun tidak mendapat apa-apa dari puasanya melainkan hanya lapar dan dahaga.”
Siapakah yang dimaksud oleh rosul dalam hadits ini ? tidak lain adalah mereka yang hanya menahan segala yang membatalkan puasa namun tidak menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa.
Maka perlu diketahui rosul mengatakan ada lima perkara yang membatalkan pahala puasa yaitu : “berdusta, memfitnah atau ghibah, bersumpah palsu, menjelek-jelekkan orang lain dibelakangnya dan pandangan dengan syahwat.”
Kaum muslimin muslimat yang berbahagia,
Ramadhan harus menjadi bulan kebersihan. karena sesungguhnya Allah mencintai kebersihan, "innallooha yuhibbut tawwabiin, wayuhibbul mutathohhiriin", sesungguhnya Allah mencintai orang yang taubat dan orang yang bersih. Kita harus berjuang sangat keras untuk mengevaluasi gaya hidup bersih kita. Pakaian yang kotor tidak akan nyaman, gigi kotor tidak mungkin bisa nyaman, apapun yang kotor tidak akan membuat kita nyaman dan hidup kita indah hakekatnya kotoran itu identik dengan kerendahan diri, namanya juga kotoran begitu pula kalau kita merasa tidak nyaman, terhina, rendah, bisa jadi karena kita belum bisa mencintai kebersihan, padahal bersih adalah prasyarat dari keindahan. Indah adalah sesuatu yang dicintai allah swt. Shalat saja diawali dengan bersih, tanpa wudlu shalat tidak akan sah, wudlu itu bukan hanya membersihkan tetapi juga mensucikan. tidak akan diterima shalat, seperti firman allah dalam ayat alqur'an "qad aflaha manzakkahaa. waqod khaabaman dassaha" (qur’an suroh: asy-syams ayat 910). "sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang membersihkan jiwanya, dan sesungguhnya kerugian besar orang yang mengotorkannya." sungguh yang bersih itulah yang akan membuat sukses,bahagia.
Oleh karena itu, ramadhan ini adalah bulan bersih. sekuat-kuatnya kita bersihkan dari yang lahir sampai yang batin. pastikan ramadhan ini kamar kita bersih, rumah kita bersih, kamar mandi bersih dari sampah, bersih dari barang-barang yang akan membuat ria, bersih dari barang milik orang lain, bersih dari barang yang tidak berguna. karena kalau rumah sudah kotor dari banyak barang yang haram, barang yang ria, barang yg sia-sia, maka rumah itu tidak akan menyenangkan-tidak-akan-barokah. Begitu pula dengan harta kita mulai sekarang harus bersih, jangan sekali-kali tercemari oleh hak-hak yang tidak halal bagi kita. Harta yang bersih akan penuh barokah harta yang haram akan penuh fitnah, demikian pula aktivitas bekerja kita bersih pula dari kelicikan. Kita nikmati kejujuran, pandangan harus bersih sekuat-kuatnya jaga dari apa yang diharamkan oleh allah agar bening dan nikmat hati ini. kata-kata kita pun harus bersih dari kekejian, bersih dari kata-kata yang jorok, bersih dari kata-kata mencela, menghina orang lain, bersih dari fitnah, pilihlah dari khazanah kata-kata yang ada, kata-kata terbaik. tubuh kita pun harus bersih, pakaian harus bersih, mandi yang bersih, rambut yang bersih. Begitu pula dengan hati kita harus jaga hati ini, hindari buruk sangka sekuat-kuatnya dan berbaik sangka pada orang yang beriman. perangilah kedengkian jangan sampai selama ramadhan ini dilanda dengan kedengkian, kedendaman yang tidak diharapkan oleh allah. upayakanlah semuanya bersih lahir batin, harta benda bersih, pikiran bersih. insya allah akan menambah keberkahan ramadhan-ini.
Dan yang terakhir, bulan ramadhan ini adalah bulan kualitas. karena ramadhan adalah bulan yang berkualitas diantara bulan-bulan yang lain. Hari-harinya adalah hari-hari berkualitas, berharga tinggi dihadapan allah, jam demi jam maupun detik demi detik berharga sangat tinggi dihadapan allah oleh karena itu tidak patut kita melakukan apapun kecuali yang sangat berharga. jangan pernah kita berbicara kecuali dengan kata-kata yang berharga.
Jangan melihat kecuali yang berharga. jangan mendengar kecuali suara-suara yang berharga. jangan berpikir kecuali memikirkan yang berharga. jangan pula melangkah kecuali kaki ini dilangkahkan ke tempat-tempat yang berharga dalam pandangan allah. cobalah lakukan segalanya dengan niat berharga hanya karena alloh semata. sungguh bila kita mengisi ramadhan ini dengan aneka amal ibadah seperti yang diuraikan di atas. insya allah dengan karunia allah, di akhir ramadhan tahun ini kita akan sebagai seekor kupu-kupu yang keluar dari kepompong dengan sangat indahnya, kepompong ramadhan, subhanallah.
Asshooimin wasshooimat rohimakumulloh,
Demikian yang dapat saya sampaikaikan tausiyah menjelang buka, terima kasih atas atensi para pendengar dan mohon maaf atas kesalahan, yang benar hanya milik alloh yang salah adalah kelemahan saya. selamat menikmati hidangan buka puasa semoga amal ibadah kita diterima oleh alloh swt.
Wassalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

0 komentar: